Nah, para sahabat... kali ini saya akan membahas tentang turbocharger..
Pada beberapa mesin terutama mesin diesel dilengkapi dengan turbocharger, fungsinya apaan sih???
oke lanjuttt... hehe.. turbocharger tuh fungsinya buat meningkatkan performa dan effisiensi mesin diesel broo.., turbocharger menerima aliran udara yang udah di bersihin filter, putaran kompresor pada turbocharger menghisap udara masuk dan menekan truss mengalirkan menuju cylinder (ruang bakar)
1. Tenaga. Udara bertekanan punya lebih banyak oksigen per satuan volume broo,. dengan lebih banyak oksigen yang masuk ke ruang bakar maka lebih banyak pula bahan bakar yang bisa disemprotkan supaya dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.
2. Effisiensi. nah, proses penekanan dengan jumlah udara yang lebih mencukupi untuk pembakaran itu akan menghasilkan effisiensi pembakaran yang tinggi sehingga akan menurunkan emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar lebih bagus... jadi lebih ngirit deh $$$ heheheeee...
2. Effisiensi. nah, proses penekanan dengan jumlah udara yang lebih mencukupi untuk pembakaran itu akan menghasilkan effisiensi pembakaran yang tinggi sehingga akan menurunkan emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar lebih bagus... jadi lebih ngirit deh $$$ heheheeee...
Cara kerjanya bagaimana masbrooo??? sabarrr dan baca terus yaa.., ^_^
Gas buang yang dihasilkan oleh ruang bakar dari hasil pembakaran akan melewati sudu-sudu pada turbine wheel dan menyebakan turbine berputar. Turbine wheel ini sih dihubungkan dengan shaft dengan compressor wheel. Nah gas buang yang mendorong compressor wheel akan menyebabkan berputar juga turbine wheel nya dan berputar dengan putaran yang sangaaaattt tinggi,,.. hehee
beneran koq., putaran ini bisa mencapai 50.000 sampai 150.000 rpm. cueepet bgt yaa.., o_0. Hal ini yang menyebabkan kompresi udara yang masuk menuju ruang bakar menjadi naik.
beneran koq., putaran ini bisa mencapai 50.000 sampai 150.000 rpm. cueepet bgt yaa.., o_0. Hal ini yang menyebabkan kompresi udara yang masuk menuju ruang bakar menjadi naik.
Nah udara yang bertekanan setelah compressor dan sebelum masuk ke ruang bakar didinginkan dulu broo., karena udara bertekanan itu panas dan juga turbochargernya panas juga karena diputar menggunakan gas hasil pembakaran. Pendingin udara itu namanya air cooler dan walaupun ngga sampai sedingin es sih., hahaha... tapi sangat signifikan merapatkan udara yang masuk ( udara yg panas tuh memuai broo ) sehingga oksigen yang dibutuhkan buat pembakaran juga akan lebih banyak.. ^_^
Sekian dulu membahas tentang turbocharger ya, sebenarnya masih banyak juga hal-hal yang belum saya utarakan di halaman ini., yaah secara prinsip garis besar cara kerja dan fungsinya sih seperti ini,,... ^ ^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar